Friday, September 13, 2013

Quiny Journey : mencari dokter kandungan

Setelah mengetahui hamil, sebagai orang tua yg keren langkah berikutnya mencari dokter kandungan yang cocok (cocok dalam pelayanan dan budget hehehehe). Pilihan pertama jatuh ke klinik M****** C****** alasannya karena di sana ada metode hypnobirthing. Jujur pada saat itu saya tidak mengerti apa itu hypnobirthing, tapi karena menurut istri saya bagus saya setuju walaupun jaraknya lumayan jauh dari rumah.

Setelah kunjungan pertama sukses dengan hasil memastikan kehamilan istri saya tidak demikian dengan kunjungan ke-2. Selasa pagi seperti biasa sebelum kunjungan kita melakukan booking by phone dan alhamdulillah kita dapat nomor antrian 1. Sesuai jadwal jam 9 pagi kita sudah nyampe di tkp, kondisi tkp masih sepi hanya ada bidan jaga dan bagian administrasi. Setelah daftar ulang kami dipersilakan menunggu karena dokternya belom datang.

1 jam berlalu tidak ada tanda-tanda dokter datang, busyet deh. Ok biar g bosen saya ajak istri saya beli cemilan di minimarket deket klinik. Balik dari minimarket masih belum ada tanda-tanda kehadiran dokter, dengan sedikit kesal saya bertanya ke receptionis dan mendapatkan jawaban dokternya sedang melakukan tindakan di tempat lain dan kembali di suruh menunggu. 12:30 masih belum ada tanda-tanda dokter bakal datang akhirnya dengan kesal kami pun pulang. 

Karena masih mau dengan metode hypnobirthing akhirnya sabtu malam kami kembali ke klinik dengan harapan bisa berkonsultasi dengan dokter, hasilnya sama seperti sebelumnya kami dipelak (menunggu tanpa ada kepastian :*sundanese style). Ok kali ini g bisa di ditolelir dan akhirnya kami putuskan pindah klinik. Klinik berikutnya kami putuskan harus yg dekat rumah, setelah melakukan survey akhirnya kami putuskan di klinik h****** b***** dan klinik ini menjadi tempat yg rutin kami kunjungi selama 8 bulan ke depan.

Jika sekarang anda sedang mencari dokter kandungan, berikut beberapa tips berdasarkan dari pengalaman kami.
  1. Pastikan dekat dari rumah, jika dalam kondisi darurat tentu akan lebih cepat istri dan anak kita ditangani bila jarak rumah & dokter dekat.
  2. Pastikan fasilitas di tempat tersebut lengkap, oke yang ini pengalaman dari kaka ipar saya, ketika melahirkan beliau harus mendapatkan pelayanan ekstra. Lupa lagi karena apa. Karena dari awal pemeriksaan di bidan (bukan berarti bidan ngga bagus) dan baru di ketahui ada masalah maka di rujuk ke sebuah rumah bersalin (lupa lagi namanya hehehe), sialnya rumah bersalin tersebut pun tidak bisa menangani dan kembali di rujuk ke RSHS a.k.a Rumah Sakit Hasan Sadikin. Kebayang kan kondisi sedang pembukaan harus jalan-jalan.
  3. Pastikan dokter anda mau diajak diskusi, biaya per kunjungan 100 ribu di tambah obat jatohnya sekitar 500 ribu (buset tiap bulan nih harus ada minimal gope). Kalo dokternya ga mau di ajak diskusi rugi dong kita bayar mahal-mahal, lagi pula tugas meraka sebagai ahli menurut saya adalah memberi solusi terbaik dari yang apa kita keluhkan/hadapi. Kalo cuma ngecek pake alat-alat medis dan ngasih tau hasilnya, ga usah sekolah tinggi-tinggi saya juga bisa (*mulai sombong).
  4. Sebelum melakukan kunjungan rutin pastikan bekali diri anda dengan pengetahuan yang cukup mengenai kondisi si ibu, nyambung dari point sebelumnya ada baiknya sebelum berkunjung ke dokter kandungan anda googling dulu mengenai kondisi ibu. Pertanyaanya kenapa harus belajar dulu ?, ini yang saya alami saya pergi ke dokter tanpa ada bekal pengetahuan yang cukup hasilnya di sana saya hanya bengong dan ga ngerti sama apa yang dokter omongin. Untungnya istri saya rajin googling jadi dialognya antara istri dan dokter sementara saya bengong ga ngerti mereka ngomongin apa (jangan-jangan ngomongin saya).
  5. Wajib Pro Asi & Normal, jika sayang calon bayi anda, lupakan godaan iklan susu formula. Dilihat dari sisi manapun susu formula ga ada apa-apanya dibanding Asi (mungkin saya akan bahas kerenya asi & pentingnya lahir normal di artikel lainnya).
  6. Pake bidan? No problemo, melahirkan di bidan menurut saya tidak masalah selama kondisi kesehatan ibu & anak sehat. Selain lebih murah biasanya tempat bersalin di bidan lebih homy. dan pastikan bidan tersebut adalah bidan delima.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.